Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli ac bekas

ac merupakan barang elektronik yang wajib di daerah yang panas dan cenderung sering dihuni, hal inilah yang membuat tingakat penjualan ac meningkat setiap tahunnya namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat membeli ac bekas baik itu kondisi fisik maupun komponennya untuk menghindari kesalahan di masa yang akan datang.

hal hal yang harus dipertimbangkan saat membeli ac bekas



dilihat dari harga ac bekas lebih diminati dari pada ac baru bukan hanya harga kualitas ac bekas biasanya juga setara dengan ac baru tergantung dari kondisi ac tersebut.

1.kondisi fisik

pembelian ac bekas yang harus diperhatikan pertama kali adalah kondisi fisik tetapi bukan kotor atau lecet kondisi fisik yang dimaksud adalah apakah ac tersebut secara komponen masih lengkap dan perhatikan apakah body ac sudah berkarat maksimal 40% jika karat yang menempel sudah parah biasanya ac tersebut sudah ringkih atau mudah rusak.

2. kebocoran pada evaporator

evaporator adalah bagian pada indoor ac yang perlu jadi bahan pertimbangan saat membeli ac bekas karena komponen ini adalah jalur freon yang riskan mengalami kebocoran cobalah buka kafer indoor terlebih dahulu sebelum membeli dan lihat pada bagian pipa evaporator apakah terdapat kebocoran atau tidak biasanya jika evaporator bocor terdapat oli di sekitar pipa freon tersebut.

3. kondisi remot dan sensor

remot adalah komponen pendukung yang tidak harus ada namun akan sangat merepotkan jika ac tidak menggunakan remot terlebih jika sensor pada remot mengalami kerusakan. maka dari itu saat anda membeli cobalah tes terlebih dahulu remot ac tersebut apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

4.kondisi sambungan pada unit indoor dan outdoor

sebenarnya sambungan pada unit indoor atau outdoor tidak terlalu penting tetapi ada baiknya anda mengecek semua komponen yang mungkin mengalami kerusakan seperti pada sambungan unit outdoor dan indoor biasanya sambungan yang kurang baik sudah mengalami karat yang parah dan mau copot atau patah.

5. kondisi kompresor

kompesor berperan penting dalam mendinginkan ruangan semakin baik kondisi kompresor semakin cepat ruangan tersebut dingin. kompresor yang kurang baik biasanya memiliki bunyi yang lebih keras dari biasanya namun cek terlebih dahulu apakah karet pada kaki kompresor masih cukup atau sudah tipis karena hal ini juga bisa membuat kompresor berbunyi keras karena gesekan antar besi yang kuat dan cepat saat kompresor menyala.

6.kondisi pres balik

ac dengan kualitas yang baik akan memberikan pres balik yang bagus. pres balik adalah kondisi dimana kompresor diisi dengan udara biasanya bertekanan 350 - 400 psi namun udara tidak bisa keluar melalu lubah hisap pada outdoor. kondisi outdoor yang sudah mengalami pres balik memiliki bunyi kompresor yang keras dan amper yang tinggi dan cenderung lebih boros listrik.

7. kondisi kondensor

komponen kondensor sama pentingnya dengan evaporator walaupun kondensor jarang mengalami kebocoran ada baiknya jika kondensor juga di cek terlebih dahulu karena biaya yang dikeluarkan cukup lumayan jika kondensor mengalami kebocoran. cara mengecek kebocoran kondensor sama dengan evaporator yaitu melihat disekeliling kondensor apakah terdapat oli atau tidak.


itulah 7 hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli ac bekas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Post a Comment for "7 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli ac bekas"