Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

penyebab ac tidak dingin (ac rumah)

penyebab ac tidak dingin bisa disebabkan oleh banyak faktor baik itu perawatan yang kurang rutin ataupun komponen yang mulai tua dan rusak. agar ac anda tetap dingin secara maksimal perawatan tentu menjadi penting sesuai yang disarankan oleh teknisi kepercayaan anda. ada banyak penyebab mengapa ac menjadi kurang dingin untuk mengetahui komponen mana yang rusak kita perlu belajar mengetahui ciri ciri kerusakan pada ac split seperti yang diterangkan pada artikel ini.

penyebab ac tidak dingin


1. kerusakan pada indoor

ada 3 jenis penyebab ac tidak dingin karena ada kerusakan pada indoor. pada bagian indoor ac terdapat beberapa rangkaian listrik dan pipa refrigeran untuk mendinginkan ruangan anda. lalu apa saja kerusakan pada indoor ac yang menyebabkan ac kurang dingin.

1.1 kerusakan pada termistor ac

termistor berfungsi mengukur suhu ruangan agar tetap sama dengan di remot ac. termistor ada 2 jenis yaitu termis indoor dan outdoor.karena tugasnya ini termistor dapat menyebabkan ac tidak bekerja optimal karena jika termistor rusak dan tidak dapat mengukur suhu ruangan dengan tepat kompresor pada unit outdoor akan mati hidup dalam kurun waktu 3 menit sekali.

1.2 bocor refrigeran pada indoor ac

penyebab ac tidak dingin ini mungkin sangat familyar sekali di telinga para pengguna ac split. pipa refrigeran yang ada pada indoor ac sering kali mengalami kebocoran kenapa? karena pipa pada indoor ac dibuat lebih tipis dari pipa yang lain dengan tujuan supaya hawa dingin yang dihasilkan refrigeran cepat keluar. untuk mengetahui apakah refrigeran pada ac bocor atau tidak coba perhatikan pada pipa outdoor yang kecil jika dia beku berwarna putih berarti refrigeran pada ac tersebut kurang dan tidak dapat mendinginkan ruangan

1.3 motor fan ac lemah (kipas)

motor fan ac berfungsi untuk membuang dingin yang keluar dari pipa. jadi saat motor fan ac lemah dingin di dalam ac hanya keluar sebagian, walapun jarang terjadi tapi pada beberapa tipe ac sering terjadi jika ac  terlaku kotor atau socket pada vcb kendor. untuk mengetahui kerusakan ini kita harus teliti dan pastikan ac dalam kondisi bersih, cobalah hidupkan ac anda dan buat kecepatan fan 1, 2, 3 secara bergantian jika saat diubah dari 1 ke 2 dan tiga tidak ada perubahan kecepatan fan ac berarti motor fan ac tersebut lemah. 

1.4 ac terlalu kotor 
         sebenarnya jika ac anda sering terlalu kotor akan ada banyak risiko yang akan diterima bukan hanya kerusakan unit tapi kesehatan keluarga anda juga akan terganggu karena pada ac yang kotor terdapat ribuan bakteri yang mengancam keluarga anda maka dari itu cuci ac anda secara rutin sebelum ac tidak dingin. 

1.5 settingan remot ac salah
sering dilakukan oleh orang yang baeu punya ac niatnya mau coba remot baru tekan sana sini ee malah salah mode, bukan salah sih tapi lebih tepatnya tidak sesuai kebutuhan dalam remot ac  terdapat 3 sampai 6 mode tergantung tipe ac anda 3 mode itu ialah cool dry dan fan agar senantiasa dingin cobalah lihat setingan pada remot anda apakah pada posisi mode cool dengan simol ❄️. jika belum cobalah tekan tombol mode sampai muncul simbol tersebut jika ac anda di fan ac akan menjadi tidak dingin karena hanya indoor saja yang bekerja


2. kerusakan pada ac unit outdoor
outdoor merupakan komponen pada unit ac yang paling penting menurut saya walaupun tidak memiliki komponen serumit indoor, outdoor memiliki beberapa komponen yang dapat menyebabkan ac tidak dingin. 

2.1 kompresor lemah
kompresor merupakan komponen inti pada ac jika dia lemah ac tidak akan mengeluarkan dingin sama sekali. penyebab kompresor lemah adalah voltase listrik yang kurang setabil dan sering terlalu kotor.

2.2 kapasitor ac lemah
kapasitor adalah komponen pendukung kompresor agar kompresor dapat menyala dibutuhkan kapasitor dengan ukuran tertentu.

2.3 fan outdoor ac lemah atau mati
sama layaknya indoor outdoor juga membutuhkan fan yang berfungsi untuk membuah semua panas yang dihasilkan kondensor jika fan outdoor lemah akibatnya panas tidak terbuang secara total dan menyebabkan kompresor over load dan akhirnya mati. 

kesimpulan :
Rawatlah ac anda secara rutin biarpun tidak menjamin untuk keawetan ac anda setidaknya keluarga anda dihindarkan dari partikel debu yang  berasal dari ac yang terlalu kotor. 

Post a Comment for "penyebab ac tidak dingin (ac rumah) "