Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

tips belajar efektif dan menyenangkan

 belajar mungkin kegiatan yang membosankan bagi anak, makanya tips belajar efektif ini akan berguna buat kamu yang ingin mulai belajar secara rutin. dengan belajar kita dapat dengan mudah mengingat sesuatu dengan perlahan hindari belajar saat sedang mau ujian saja karena hanya akan menambah bebeban pikiran. kegiatan belajar wajib diterapkan sejak kecil oleh para orang tua agar anak terbiasa saat menginjak usia dewasa. inilah beberapa tips belajar yang akan membuat kamu makin senang belajarnya.
 belajar efektif

tips belajar evektif dan menyenangkan




1. suasana belajar yang nyaman

      membuat suasana yang nyaman untuk belajar sebenarnya gampang gampang susah. untuk memiliki suasana yang nyaman cobalah untuk membersihkan tempat belajar kalian terlebih dahulu sebelum digunakan agar terasa nyaman dan jangan lupa nyalakn ac. nya jika bosan belajar di dalam kamar cobalah untuk belajar di luar ruangan, udaranya yang segar membuat otakmu lebih rilex. 

2.merangkum pokok pelajaran

    merangkum semua materi pokok pokok pelajaran agar lebih mudah untuk dimengerti dan mempersingkat waktu belajar, supaya kamu tidak jenuh dan pusing untuk membaca satu bab buku. 

3. belajar bersama teman atau keluarga

      bosan belajar sendiri, ajak teman atau keluarga untuk belajar bersama metode belajar bersama sangat efektif, karena membuat suasana lebih asik dan otak mampu menyerap semua materi dan jika ada materi yang sulit bisa dikerjakan bersama agar menjadi mudah. 

4. belajar dengan praktik

      metode yang paling evektif dalam belajar adalah praktik selain lebih mudah untuk memahami materi anak anak juga lebih menyukai belajar dengan praktik apalagi jika dilakukan secara bersama sama belajar pasti lebih menyenangkan dan materi pembelajaran lebih mudah diserap oleh otak. 

5. belajar rutin tapi tidak lama

     belajar rutin lebih efisien dari pada belajar lama. kenapa? karena anak anak cepat merasa bosan jika belajar terlalu lama dan daya serap otak lama kelaman akan menurun berbeda jika belajar rutin walaupun hanya sebentar agar otak anak tidak merasa stres memikirkan materi. 

6. mengerti bukan menghafal

     tidak salah memang jika menghafal materi yang dipelajari namun kurang tepat jika sudah mengerti apa yang anak pelajari dengan sendirini mereka akan hafal dan mengingatnya dalam jangka waktu yang lama bukan sehari hafal besok udah lupa karena menghafal dengan mengerti itu beda, saa akui memang lebih susah mengerti dari pada menghafal tapi materi lebih mudah tertanam di otak jika kita mengerti. 



itulah sedikit tips belajar evektif semoga bisa meningkatkan minat belajar siswa/siswi jika ada kekurangan atau ingin menambahkan tips lain silahkan sampaikan dikomentar. 

Post a Comment for "tips belajar efektif dan menyenangkan"