Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menggunakan cloudflare untuk mengatasi jingling

Jingling menjadi salah satu alasan saya membuat artikel ini mungkin anda telah membaca artikel saya sebelumnya tentang cara mengatasi jingling. menghubungkan domain dengan cloudflare menjadi salah satu cara untuk mengatasi jingling layanan firewall gratis dan berbayar ini memiliki banyak kelebihan dan terbaik saat ini banyak dipakai oleh website besar yang mempunyai banyak data penting seperti web online shop untuk menikmati layanannya cloudflare menyediakan beberapa plane dan salah satunya bisa anda nikmati secara gratis sebelum lanjut saya akan menyampaikan kekurangan dan kelebihan cloudflare terlebih dahulu.

kelebihan dan kekurangan cloudflare


1.kelebihan cloudflare

 >>> menghindari blog anda dari spam serta menghemat 
bandwith

>>> ip original disembunyikan sehingga blog aman dari ddos/dos

>>>pergantian nama server relatif cepat

>>>fitur cloudflare membuat blog yang kamu kelola aman dari attacker

>>>terdapat setting dns sehingga dns mudah diarahkan kemanapun

>>>dengan fitur crypto anda akan mendapatkan ssl gratis

>>>membuat akses blog lebih cepat dengan HTTP2

2.kekurangan cloudflare

>>> route semakin 
panjang karena visitor dipaksa untuk route server internasional

>>> jika sedang terjadi error pada sisi cloudflare blog anda akan terganggu walaupun server hosting anda normal error yang sering terjadi adalah 502 atau 550


    seperti firewall lain itulah kekurangan dan kelebihan cloudflare bagaimana menurut anda apakah ingin mencoba menggunakan cloudflare atau tidak. lanjut ke topik utama.

cara menghubungkan cloudflare dengan blog



1. login ke dashboard cloudflare

login cloudflare

2.klik add site untuk menambahkan domain baru atau jika kalian baru mendaftar setelah memasukan email dan kata sandi kalian akan disuruh untuk memasukan url blog yang akan dihubungkan dengan cloudflare klik add site
add site

3.pilih plan yang dibutuhkan kali ini saya memilih free plan 0$/mounth gulir ke bawah klik confrim
pilih plan

4. lalu akan ditampilkan dns records yang pernah kalian import di cpanel hosting ataupun di  panel registery domain anda 

dns history


5. berikutnya anda akan disuruh untuk mengganti nameserver yang ada menjadi nameserver cloudflare caranya masuk ke hosting atau panel registery kalian klik domain, kelola domain kemudian pilih nameserver ganti name server tersebut dengan nameserver yang ditunjukan cloudflare tadi.


6. masuk kembali ke akun cloudflare kalian dan klik done, check nameserver seperti gambar diatas proses propagansi name server memerlukan waktu maksimal 2x24 jam jadi dalam jangka waktu tersebut blog kalian tidak dapat diakses namun salah satu kelebihan cloudflare adalah proses propagansi yang tergolong cepat biasanya hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam.


      setelah propagansi selesai setatus blog kalian akan menjadi aktif pada dashboard cloudflare dan kalian bisa melihat statistik analytic, melihat dan memblokir ip yang mengakses website kalian untuk mengatasi jinggling. 

cara mengatasi jingling dengan cloudflare
      untuk mengatasi visitor bot ada 2 cara yang bisa dilakukan oleh cloudflare yaitu memblokir ip bot dan menyaring visitor bot namun saat kalian menyaring visitor bot googlebot juga akan tersaring dan tidak bisa mengcrawl blog kalian oleh karena itu cara ini tidak disarankan untuk anda yang mengandalkan google sebagai sumber visitor kalian.

memblokir ip bot yang masuk ke blog

     sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi jingling menggunakan firewall tapi yang paling umum digunakan adalah yang saya sebutkan tadi. biasanya jingling murahan yang sering dilakukan oleh orang orang jail hanya memiliki 2 sampai 3 ip saja. 

1.login ke dashboard cloudflare dan pilih domain yang kalian gunakan


dashboard cloudflare



2.klik tab firewall seperti gambar dibawah


firewall cloudflare


3. gulir ke bawah dan temukan ip yang mencurigakan yang mengunjungi blog kalian biasanya ip bot adalah ip yang mengunjungi blog secara berturut turut

memilih ip

4.geser tab ke kiri dan pilih menu tools lalu isi semua kolom yang diperlukan dan klik add.


blok ip




    itulah cara mengatasi jingling yang bisa kita lakukan menggunakan cloudflare. dengan memblok ip bot yang tidak punya sopan santun tetapi jangan sampai salah memblokir ip nanti ip visitor original malah di blok. 

1 comment for "cara menggunakan cloudflare untuk mengatasi jingling "

  1. Tapi menurut Asep Mas Fadli asep lebih suka menggunakan Cloudflare Karena tingkat lapisan keamanannya menghindari kita terhindar dari spam trafik jingling DDOs Attack dan lainnya Terimakasih atas Artikelnya karena sangat bermanfaat untuku dan semua orang.

    ReplyDelete